+62 21 5818362

Susunan Kabinet Jokowi Bualan Politik


VOXPOPULINDO.com, Jakarta- Susunan kabinet oleh presiden terpilih Joko Widodo tidak berbeda jauh dengan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan demikian janji Jokowi membuat ramping kabinet hanya bualan politik.

"Kami lihat ada tawar menawar dalam kabinet, dan kabinet yang ramping ternyata tidak ramping, itu sama saja seperti dahulu yang ada," ujar pengamat etika poliik Romo Benny Susetyo di Resto Dapur Selera, Jalan Dr Supomo, Tebet, Jakarta, Minggu (21/9/2014).

Romo Benny mengkritik Jokowi yang pernah berjanji akan membuat kabinet ramping. Karena itulah, Benny melihat kabinet Jokowi sarat dengan tawar menawar dari partai koalisi. "Seharusnya kabinet Jokowi adalah kabinet yang kerja keras dan harus melawan dari parpol," jelasnya.

Jokowi mempertahankan 34 kementerian yang ada saat ini. Sedangkan dari segi komposisi, 18 kursi menteri akan diisi dari kalangan profesional. Sedangkan 16 kursi dari kalangan partai politik.

Sebelumnya, politikus Partai Golkar, Ali Mochtar Ngabalin mengkritik keras susunan kabinet Jokowi. "Tidak ada profesional politik, profesional partai, istilah itu gak ada referensinya," ujarnya. (jsu)


Buat Komentar Anda