+62 21 5818362

Perjalanan Bijaksana di Pergantian Tahun


VOXPOPULINDO.com, Jakarta- Libur Natal dan arus baliknya, telah usai. Dan kini Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan disibukkan dengan lonjakan penumpang pesawat udara yang akan bepergian di libur pergantian tahun (1-7 Januari 2018).

Lonjakan penumpang diprediksi mencapai 5,2 persen. Jumlah ini merupakan angka gabungan musim libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, telah disediakan 8.104.756 kursi untuk penerbangan domestik dan 1.497.268 kursi penerbangan internasional. Jumlah kursi akan disuplai oleh 13 maskapai dengan 446 unit pesawat dengan penerbangan reguler maupun tambahan (extra flight).

Meski demikian, masyarakat diminta lebih bijaksana dalam memilih waktu perjalanan. “Walaupun jumlah kursi mencukupi, tapi bisa saja pada waktu puncak arus mudik  dan balik itu kursinya tidak tersedia karena jumlah penumpangnya melebihi rata-rata per hari. Untuk itu saya menghimbau masyarakat untuk memajukan atau memundurkan perjalanan mudik atau baliknya, menghindari puncak arus mudik dan balik tersebut,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso. 

Sesuai Aturan
Kepada para penyelenggara penerbangan seperti otoritas bandara, maskapai penerbangan, pengelola bandara dan penyelenggara navigasi penerbangan, Agus berpesan agar terus bekerja sama dan melakukan pekerjaannya sesuai aturan yang berlaku. 

Semua penyelengara penerbangan harus mewaspadai hari-hari puncak tersebut karena akan ada penumpukan penumpang dan pergerakan pesawat yang banyak. “Semua penyelenggara penerbangan harus bekerjasama dan mau bekerja ekstra sesuai aturan yang berlaku agar keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan tetap terjaga dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Agus. (ros)


Berita Terkait
Buat Komentar Anda