+62 21 5818362

Peraih Medali Olimpiade Sungkem di Kaki Ibu


VOXPOPULINDO.com, Jakarta- Pesta penyambutan rombongan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, yang berlangsung hingga Selasa (23/8/2016) sore, sangat mengharukan. Seluruh perhatian tertuju ke bus Badros yang membawa rombongan dari Bandara Soekarno-Hatta, menuju Kantor Kemenpora.


"Terimakasih atas doanya bu. Tanpa doa ibu, aku tak bisa seperti ini," Owi, panggilan akrab Tontowi, meratap lirih saat sungkem kepada ibunya. Wartawan terlihat kaget melihat Owi mendadak jongkok mencium kaki sang bunda. Genangan air mata terlihat di sudut mata Owi.


Butet (Liliyana) juga serupa. Ia memeluk ibunya yang menyambut di bandara. Selepas itu pesta benar-benar di sepanjang jalan. Di bus, juga terlihat dua atlet angkat besi peraih medali perak,  Eko Yuli dan Sri Wahyuni. Atap bandros pun terasa penuh sesak. Sejumlah wartawan televisi melakukan wawancara langsung dengan Butet saat bus melaju di jalur tol.


"Dua hari perjalanan, terbayar dengan sambutan masyarakat. Sebuah kehormatan, senang rasanya bisa merasakan momen seperti ini," ujar Butet. Di ujung bus, Ketua Ketum PBSI Gita Wiryawan tersenyum lepas.


Bandros melewati pintu tol Kapuk yang ditutup sementara, agar rombongan arak-arakan bisa bergerak lancar. Kemeriahan dilanjutkan di Kantor Kemenpora.

Rombongan Bandros disambut teriakan dan juga letupan kembang api di langit Jakarta. Karyawan Kemenpora yang berada di laman gedung pun berteriak gembira menyambut kedatangan arak-arakan.


Pesta Dunia

Hampir pada saat bersamaan, Singapura juga menggelar pesta penyambutan perenang yang meraih medali emas Olimpiade, Joseph Schooling. Mobil pemadam kebakaran menyemprotkan air untuk memberikan penghormatan, saat pesawatnya mendarat di Bandara Changi.


Perdana Menteri Lee Hsien Loong tak sungkan, untuk mengajaknya selfie. "Biasanya orang meminta saya untuk selfi, tapi hari ini saya merasa begitu bangga untuk memintanya pada Joseph!" tulis Lee di Facebook. 


Fiji

Tim Seven Rugby Fiji berhasil meraih emas, dengan mengalahkan Inggris di final. Perdana Menteri Fiji Voreqe Bainimarama, mengumumkan hari libur nasional. Bus gratis disediakan, bagi siapa pun yang ingin turut dalam perayaan di stadion nasional.


Yordania

Raja Yordania Abdullah II, sama sekali tidak merasa derajatnya terlalu tinggi, untuk langsung menelepon Ahmad Abughaush. Mahasiswa berusia 20 tahun, itu memberikan medali emas pertama Olimpiade bagi Yordania di cabang taekwondo, dengan mengalahkan Rusia di final. Pesawat pribadi raja langsung dikirimkan, untuk membawanya pulang dari Brasil ke Yordania.


Kosovo

Perdana Menteri Kosovo Isa Mustafa, tidak butuh berpikir lama, untuk memutuskan langsung menyambut Majlenda Kelmindi di bandara. Atlet cantik berusia 25 tahun, itu meraih emas Olimpiade pertama bagi Kosovo dari cabang judo.


Tajikistan

Presiden Tajikistan Emomali Rahmin, tidak merasa perlu menunda pertemuan dengan Dilshod Nazarov. Rahmin langsung menyambut peraih medali emas dari cabang lempar martil, itu untuk memberinya gelar tertinggi sebagai pahlawan Tajikistan.  (jsu/bbc)


Buat Komentar Anda