+62 21 5818362

Lonjakan Dinamis Penumpang di Kota Gudeg


VOXPOPULINDO.com, Yogyakarta - Ada catatan menarik Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, terkait pergerakan penumpang pesawat terbang saat pergantian tahun.

Pada 31 Desember 2017 Agus menyempatkan diri meninjau langsung Bandara Adi Sutjipto. Ia melihat langsung fluktuasi pergerakan penumpang yang sangat dinamis, baik kenaikan maupun penurunan jumlah penumpang. Hal ini akan menjadi masukan dalam evaluasi libur Natal dan Tahun Baru pada periode mendatang.

"Saya menyadari bahwa jumlah penumpang melonjak tinggi di Bandara Adi Sutjipto ini sehingga jumlah pergerakan pesawat juga meningkat. Namun bandara ini mempunyai keterbatasan dalam hal movement hingga tempat parkir pesawat. Saya minta semua pihak bersabar dan tetap bekerja dan beraktivitas sesuai aturan penerbangan yang berlaku," lanjut Agus.

Menurut Agus saat ini, PT Angkasa Pura I tengah membangun Bandara Baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/ NYIA) di Kulon Progo yang lebih besar dan representatif untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pesawat di Jogjakarta dan sekitarnya. Di bandara baru tersebut, movement pesawat dan tempat parkirnya akan lebih besar sehingga pergerakan pesawat lebih leluasa. Bandara baru tersebut ditargetkan sudah bisa beroperasi pada tahun 2019.

Diharapkan dengan pembangunan airport lengkap dengan terminal penumpang baru  serta fasilitas pendukung lainnya tersebut, maka kapasitas terminal penumpang Bandara NYIA akan meningkat mencapai 10 juta penumpang per tahun. "Tentunya  bandara tersebut akan lebih menunjang kota Yogyakarta sebagai kota budaya dan pariwisata," ujarnya lagi.  (ros)


Berita Terkait
Buat Komentar Anda