+62 21 5818362

Latsitarda Nusantara Digelar di Banyuwangi


Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Sabtu (10/05) akan membuka Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XXXIV. Karya Bakti yang diikuti sekitar 1.370 taruna dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Darat, Laut dan Udara, berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur. Latsitarda sebelumnya selalu dilaksanakan di luar Pulau Jawa, terutama di daerah tertinggal dengan tujuan membantu memperbaiki keadaan daerah. Acara ini juga diikuti para Praja Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan perwakilan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (IPN).

Menurut Perwira pembantu utama II Operasi Pendidikan Markas Komando TNI, Kolonel Drajat Panggayu, pembukaan Latsitarda dilangsungkan di Taman Blambangan, Banyuwangi, dan dihadiri KSAU dan KSAL TNI serta sejumlah Rektor IPDN.
Dipilihnya Banyuwangi sebagai tempat, Latsitarda karena, kota ini dianggap sebagai daerah yang berhasil mengubah ketertinggalan menjadi yang terdepan. Maka dari itu, Mabes TNI dan Kemendagri menginginkan kepada para taruna dan praja untuk belajar dan menimba ilmu tata kelola pemerintahan dan kepemimpinan di daerah tersebut.

Latsitarda Nusantara berlangsung hingga 2 Juni mendatang, dilaksanakan di empat Kabupaten Tapal Kuda Yakni, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan Jember. Banyuwangi menjadi Pusat Markas Komando Latsitarda. Latsidarta merupakan kegiatan kurikulum intregrasi taruna dewasa akademi TNI dan mahasiswa yang meliputi kegiatan karya bakti, penyuluhan, riset sosial, wisata juang dan bakti sosial. Tujuannya untuk menumbuh kembangkan jiwa dan semangat integrasi dan meningkatkan etika moral nasionalisme. (bn)


Berita Terkait
Buat Komentar Anda