+62 21 5818362

Turki 'Cuci Gudang' Pangkalan Militer


VOXPOPULINDO.com, Ankara- Aparat keamanan Turki membersihkan institusi militer yang terlibat dalam kudeta yang gagal. Pangkalan militer di Turki digerebek, dan sejumlah perwira tinggi ditangkap atas tuduhan terlibat dalam kudeta.


Tercatat lebih dari 3.000 tentara telah ditahan, termasuk komandan garnisun di wilayah Denizili Mayor Jendral Ozhan Ozbakir, pada hari Minggu (17/7/2016) ini.


Tidak hanya itu,  sekitar 2.700 hakim dipecat. Salah seorang di antaranya adalah hakim senior, Alparslan Altan. Pemerintah Turki juga menahan 44 hakim dan jaksa di Kota Konya, serta 92 lainnya di kota Gazientep.


Ekstradisi

Turki juga resmi meminta kepada pemerintah Yunani untuk mengekstradisi delapan perwira militer yang melarikan diri dengan helikopter dan meminta suaka politik ke Yunani. Mereka diduga pengikut ulama Turki yang mengasingkan diri di AS, Fethullah Gulen. Gulen Gullen dituding sebagai dalang upaya kudeta militer.  


Sebagai rekan sesama anggota NATO, Presiden Erdogan telah meminta kepada AS untuk mengekstradisi Gullen. "Jika kita adalah mitra strategis, maka Anda sepatutnya menerima permintaan kami," pidato Erdogan di televisi ditujukan ke AS. (bbc)


Berita Terkait
Buat Komentar Anda