+62 21 5818362

Misteri Senyum Mona Lisa Terpecahkan


Senyum adalah cermin hati seseorang. Namun senyum Mona Lisa yang dilukis mastro Leonardo Da Vinci di akhir abad 15, menjadi misteri berkepanjangan.

Sebuah studi akhirnya berhasil menyingkap tabir rahasia senyum menawan Mona Lisa.
Ini terkait dengan teknik melukis. Ada kesamaan antara teknik melukis Mona Lisa dengan lukisan La Bella Principessa. Keduanya karya da Vinci, namun La Bella lebih dulu dibuat.

Bentuk mulut subjek tampaknya berubah sesuai dengan sudut pandang penonton. Mirip kalau kita sedang nonton layar LCD dari pinggir.

Penelitian yang dilakukan Sheffield Hallam dan Sunderland Universitas, ketika mata bergerak ke tempat lain untuk memeriksa fitur lain, sudut bibir terlihat menekuk keatas, menciptakan senyum yang hanya bisa dilihat tak langsung, seperti Mona Lisa.

Teknik ini disebut sfumato, dan dapat dilihat pada Mona Lisa dan La Bella Principessa. Sebenarnya pelukis lain berupaya meniru teknik sfumato, tapi tak ada yang berhasil seperti da Vinci.

Untuk mengetahui bagaimana ilusi da Vinci bekerja, para peneliti mengatur tes di mana orang dipotret dari kejauhan ataupun melihat versi kabur. Mereka sepakat bahwa Mona Lisa dan La Bella Principessa terlihat lebih bahagia dari kejauhan.

Para peneliti kemudian menyiapkan relawan dengan versi lukisan yang ditutupi persegi panjang hitam pada mata, mulut, atau meliputi keduanya. Diperoleh kesimpulan, "Dari penguasaan teknik da Vinci, bisa dibayangkan bahwa ambiguitas dari efeknya memang disengaja.”

“Leonardo menyadari ketegangan batin antara kepolosan segar seorang gadis muda di ambang kedewasaan dan pernikahan yang akan datang dan takdir. Leonardo ingin menangkap esensi halus gadis itu, dan menggunakan teknik yang dikuasai yang akan jadi terkenal di Mona Lisa.”

La Bella Principessa diduga menggambarkan Bianca Sforza 13 tahun, putri Ludovico Sforza, Duke of Milan, yang akan menikah dengan seorang komandan pasukan Milanese Duke. Tapi, La Bella mati beberapa bulan setelah pernikahan, karena mengalami gangguan kehamilan. Data ini mempertajam ekspresinya dalam potret dirinya. (source: daily mail)



Berita Terkait
Buat Komentar Anda