+62 21 5818362

India Dibekap Kasus Perkosaan


VOXPOPULINDO.com- Sederet julukan bagi India. Negeri Barata, Hindhusstan, hingga Bollywood. Dan kini julukan tak sedap disematkan ke negara berpenduduk 1,2 miliar: Surga Pemerkosa.

Angka resmi menyebutkan setiap tahun terjadi 25.000 kasus pemerkosaan. Namun para pegiat HAM mengatakan jumlah sebenarnya lebih tinggi karena para korban sering mendapat tekanan dari keluarga maupun polisi agar tidak melaporkannya.

Kasus terakhir menimpa bocah berusia 6 tahun di Bangalore, dan memicu kemarahan massa. Dua hari kemudian polisi menangkap pelatih sepatu es. 

Korban diserang secara seksual ketika sedang menuju ke kamar kecil.


Perhatian terhadap kekerasan seksual dan perkosaan di India sangat tinggi sejak seorang mahasiswi berusia 23 tahun diperkosa dalam sebuah bus di kota Delhi pada Desember 2012. Tahun 2014, fotografer Raj Shetve terinsiprasi untuk menghasilkan karya foto yang mirip adegan pemerkosaan dan pembunuhan.

Raj menampilkan dua model lelaki dan seorang model perempuan. Namun banyak pengguna media sosial mengatakan foto tersebut mengerikan dan memuakkan. Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan orang tua harus bertanggung jawab terhadap tindakan anak lelaki mereka, setelah serangkaian kasus perkosaan mempermalukan India. 

"Ketika kami mendengar tentang perkosaan-perkosaan ini, kami menundukkan kepala karena malu," kata Modi dalam pidato kenegaraannya seperti dikutip BBC.

"Gadis-gadis muda selalu mendapat banyak pertanyaan dari orang tuanya, seperti 'kamu mau kemana?'. Tapi apakah orang tua berani bertanya kepada anak lelaki mereka kemana mereka akan pergi," tanya Modi.


" Anda harus menghentikan mereka sebelum mereka mengambil jalan yang salah," tambahnya.

Kemarahan terhadap kejahatan itu memaksa India memperkenalkan hukum baru yang lebih keras. (rod)


Berita Terkait
Buat Komentar Anda