+62 21 5818362

Kapolri : Senior di Polri Tak Permasalahkan Komjen Pol Tito Karnavian Menjadi Calon Kapolri


VOXPOPULINDO.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah menetapkan satu calon tunggal Kapolri yaitu Komjen Pol Tito Karnavian. Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haitu pun tak mempermasalahkan penetapan Komjen Pol Tito Karnavian menjadi calon Kapolri. Berikut petikan wawancara wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (15/6/2016)

Bagaimana tanggapannya soal calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian?
Pak Tito kan bagus, sudah teruji cukup baik.

Tapi kan ia melangkahi sejumlah seniornya di Kepolisian ?
Ya enggak apa apa kan. Prinsipnya itu di Polri pasti mengakui keunggulan dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu saya pikir, enggak ada masalah.

Bagaimana dengan perasaan senior?
Ya justru itu, saya sampaikan pada umumnya kami mengakui keunggulan masing-masing. Pak Tito punya keunggulan, dia cukup smart bagus dalam komunikasi, pendekatannya juga cukup bagus, saya kira bisa diterima oleh semua pejabat Polri.

Ini pertama kali Junior memimpin Senior?
Ya tentu kan saya tadi katakan kalau muda punya potensi kan sekarang zamannya sudah zaman siapa yang punya kemampuan itu lah yang bisa memimpin.

Jadi lihat prestasi ya?
Iya, bukan angkatannya.

Di Polri banyak angkatan yang dilewati, regenerasinya bagaimana? 

Nah justru itu saya katakan itu alasannya sehingga dia bisa diterima semua pihak. Ya mereka kan tetap saja ada di Mabes Polri, tidak dicopot jabatannya. Apa terus semua harus memimpin? Kan enggak mungkin. Kan Kapolri hanya satu, pasti pilih yang terbaik lah.

Proses penetapannya mulai dari Wanjakti?
Masukan sudah diajukkan Kompolnas

Tetapi Tito Karnavian tidak ada di Wanjakti ?
Kita memang waktu itu kita masih mendengar masing-masing, ada beberapa hal yang perlu didiskusikan di internal Polri. Karena waktu itu Pak Tito sendiri bilang jangan.
Dia kan sendiri sedang konsentrasi mengatasi terorisme dan ancaman ke depan cukup serius sehingga harus dilakukan pembenahan dan strategi strategi kebijakan menanggulangi terorisme. Oleh karena itu,  dalam Wanjakti tidak kami masukkan.

Dengan kata lain senior di Polri menerima ya?
Ya kalau dipilih presiden ya pasti menerima, tidak ada masalah. Kami sendiri sebenarnya seluruh pejabat Polri mengakui keunggulan Pak Tito, cuma dia masih junior. Kalau dari sisi kemampuan, semua mengakui.

Kalau bapak sendiri setelah enggak diperpanjang, bagaimana?
Ya enggak ada masalah. Kan kita sudah siap pensiun.


Buat Komentar Anda