+62 21 5818362

Fenomena Kawin Muda di Ciwedey


VOXPOPULINDO.com, Sukabumi- Kampung Desa di Ciwedey, Sukabumi, Jawa Barat tidak sekadar menawarkan panorama menawan. Bidan Anne Mariana (22) menyimpan kisah panjang tentang pergulatan hidup wanita sebayanya. Ia baru saja membantu proses kelahiran seorang warga. Di ruang depan, ayah si bayi terlihat gelisah, untuk kemudian memanjat syukur mengetahui istri dan anak bayinya, dalam kondisi selamat.

Kampung tempat tinggal bidan muda adalah prototipe adat masyarakat desa; wanita menikah pada usia sangat muda, 16 tahun. Sang bidan, termasuk telat kawin karena masih melajang hingga kini. Kebiasaan menikah muda, ikut memicu jumlah kelahiran bayi di Ciweday.

Proses kelahiran bayi lebih banyak dilakukan di rumah sang bidan. dua jam setelah melahirkan, pasien harus direkomendasikan untuk pulang ke rumah. Sebab jaminan persalinan atau jampersal rp 500 ribu yang disediakan pemerintah, hanya sebatas menanggung biaya persalinan dan obat-obatan.

Wilayah kerja sang bidan meliputan satu kelurahan. Selain Anna masih ada satu bidan lain. praktis proses kelahiran warga hanya terlayani dua orang tenaga terampil. “Saya pernah seminggu membantu proses persalnan sebanyak lima kali,” tutur Anne.

Bidan Desa
Anne merupakan lulusan Program 1000 Bidan Desa di Jawa Barat yang bertujuan menekan angka kematian ibu dan bayi pasca persalinan. Melalui program tersebut, Anne dan rekan bisa kuliah gratis di Universitas Pajajaran jurusan Kebidanan. Dulu proses persalinan diserahkan ke paraji atau dukun bayi, yang secara formal tidak mempunyai keterampilan maupun pemahaman medis. Resiko terbesar berujung pada keselamatan ibu maupun janin bayi dalam kandungan.

Seiring dengan program 1000 bidan desa, angka kematian ibu turun, dari 390 kasus per-100.000 kelahiran (1991) menjadi 228 kasus (2007). Angka kematian bayi dari 68 kasus per-1000 kelahiran turun menjadi 43 kematian. Kini Ciwedey boleh menepuk dada. Tetap menawarkan pemandangan indah, sekaligus menyuguhkan fakta menyegarkan. (sup)


Berita Terkait
Buat Komentar Anda