+62 21 5818362

Benahi Sepakbola Nasional, PSSI Punya Lima Program Kerja


VOXPOPULINDO.com, Jakarta- PSSI segera melakukan pembenahan terhadap persepakbolaan nasional setelah FIFA mencabut sanksinya. Acting President PSSI, Hinca Pandjaitan mengatakan akan segera mengkomunikasikan program kerja PSSI kepada pihak terkait.

“Setelah ini kami akan komunikasi secara intens dan mengagendakan pertemuan dengan Menpora, Mensesneg, atau Menko Polhukam dan syukur-syukur bisa bertemu dengan Presiden RI, bapak Joko Widodo untuk membahas semua hal terutama soal pengembangan sepakbola," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (16/5/2016) seperti dikutip laman PSSI.org.

Selain itu menurut Hinca, pihaknya "Yang jelas kami akan sampaikan lebih dulu kabar gembira pencabutan sanksi FIFA untuk Indojuga akan menggelar rapat Exco secepatnya dan bertemu dengan anggota-anggota PSSI untuk membahas semua hal. nesia. Kami juga akan paparkan pula perkembangan detik demi detik apa yang terjadi di Kongres FIFA," imbuhnya.

Hinca mengatakan FIFA meminta PSSI mengkaji ulang statuta PSSI agar sesuai dengan standar statuta FIFA. Statuta FIFA diubah banyak sekali di Kongres Tahunan Meksiko, dan berlaku 60 hari kemudian. Terkait liga profesional, PSSI juga diminta me-review tentang status ISL (Indonesia Super League) kemudian hubungan Liga dengan PSSI.

PSSI juga diminta segera menyiapkan tim nasional untuk mengikuti event internasional yang akan segera digelar seperti Piala AFF 2016, SEA Games 2017, dan Asian Games 2018 serta hubungan dengan pemerintah untuk mewujudkan good governance dan infrastruktur di seluruh Indonesia.

"Untuk keputusan Timnas kami tentu menunggu hasil rapat Exco. Yang jelas untuk pelatih bisa asing atau lokal. Tapi melihat mepetnya waktu persiapan jelang AFF Cup nanti kami sepertinya condong ke pelatih lokal," tambah sekjen PSSI Azwan Karim.

Hinca menjelaskan, lima Program Kerja PSSI Terdekat Sesuai Arahan FIFA antara lain pertama menyiapkan hubungan dengan pemain dengan membentuk National Dispute Chamber Resolution (NDRC). NDRC ini adalah aturan atau pembentukan badan yang menangani sengketa pemain dengan klub atau federasi. Terkait hal itu PSSI akan mereview kembali hubungan dengan APPI yang dianggap sebagai organisasi pemain penting.

Kedua, pengelolaan PSSI yang bersih dan transparan dalam rangka good governence. PSSI juga akan mereview kembali Statuta PSSI agar sesuai dengan Statuta FIFA yang baru.

Ketiga, terkait liga profesional, PSSI akan mereview kembali penyelenggaraan Indonesia Super League (ISL). Keempat, mengelola kembali tim nasional secepatnya untuk persiapan berbagai ajang yang masih bisa diikuti, antara lain Piala AFF 2016, SEA Games 2017, dan Asian Games 2018 yang paling dekat.

Dan kelima, mereview kondisi infrastruktur yang ada di seluruh Indonesia, terutama dalam menjamin kelancaran pembinaan sepak bola. (mbl)


Berita Terkait
Buat Komentar Anda