+62 21 5818362

120 Menit yang Menguras Emosi


VOXPOPULINDO.com, Hanoi- Tinggal selangkah lagi, Timnas Indonesia menutup cerita kelam selama 6 tahun gagal merengkuh Piala AFF. Tak hanya itu, laga penentuan ke final Piala AFF 2016, menghentikan seluruh aktivitas masyarakat di Tanah Air. Komentator yang dihadirkan dalam siaran langsung dalam laga Indonesia versus Vietnam, berulangkali menyebut, "Jantung saya dag dig dug der. Luar biasa... belum pernah jantung saya kempot-kempotan."

Dalam laga Rabu (6/12/16) malam, tim Garuda bermain seri 2-2 sekaligus menyingkirkan favorit juara, Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi. Indonesia unggul agregat 4-3 atas Vietnam berkat kemenangan 2-1 di putaran pertama, di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 3 Desember lalu.

Pelatih Timnas Alfred Riedl menolak memprediksi siapa lawan Indonesia di babak final Piala AFF 2016. "Biarkan kami menikmati kemenangan ini," kata Riedl setelah 120 menit laga (lewat perpanjangan waktu) menguras tenaga dan emosi kedua tim. Laga harus dituntaskan lewat perpanjangan waktu karena Vietnam berhasil mencuri kemenangan di menit akhir, 2-1.

Selama pertandingan berlangsung, Vietnam mengurung pertahanan lawan, meski mereka harus bermain dengan 10 orang setelah kiper Vietnam terkena kartu merah. Dalam perpanjangan waktu, Boaz melakukan solo run dan melepaskan tendangan. Kemelut bola di mulut gawang berhasil diselesaikan Lilipaly. Skor 2-2 bertahan hingga akhir laga.

Seluruh pemain Indonesia tersungkur menangis di atas lapangan My Dinh Stadium. Inilah pencapaian terbaik selama enam terakhir, dimana Timnas selalu gagal mencapai final. "Jujur, ini pencapaian luar biasa, karena tidak ada yang memperhitungkan kami bisa lolos sampai sejauh ini," tegas Alfred Riedl setelah pertandingan.

Di partai puncak, Indonesia akan menghadapi pemenang laga antara Thailand dan Myanmar. Di leg pertama Thailand unggul 2-0, dan hari ini keduanya akan menentukan nasib untuk menantang Indonesia. (iin)


Berita Terkait
Buat Komentar Anda